Gerakan Pramuka Kwarcab Mataram Gelar KML

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mataram – Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Mataram menggelar kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan atau biasa disingkat KML di Wisma Nusantara tgl 8 sd 13 Juli 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh pembina dan pembantu pembina se Kota Mataram.

KML adalah Kursus Pembentukan Pembina dan Pembantu Pembina Pramuka terkait bagaimana pola dan mekanisme pembinaan peserta didik yang ada di gugus depan yang telah menyelesaikan Narakarya 1 sebagai bentuk pengembangan telah melaksanakan KMD. Dengan berbagai macam golongan mulai dari siaga, penggalang, dan penegak.

Dasar Kegiatan UUD RI NO 12 Tahun 2010 ttg Gerakan Pramuka, Keputusan Presiden No 24 Tahun 2009 serta Rencana Strategik Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Mataram.

Ketua Harian Kak M. Syukri, M.Pd., M.Si. atas nama Ka. Kwarcab Kota Mataram, dalam sambutan beliau sampaikan bahwa kegiatan ini di harapkan  dapat membentuk pembina Pramuka yang dapat membina peserta sesuai dengan pola dan mekanisme pembina gugus depan dan tentunya sesuai dengan AD dan ART gerakan Pramuka.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini Prinsip Andragogi dengan beberapa metode Role Playing, diskusi, curah gagasan, simulasi dan Praktek lapangan.

Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 39 orang dari Gugus Depan yang ada di Kota Mataram. Dengan melibatkan Pelatih dari Pusdiklatcab Kwarcab Kota Mataram yang dipimpin langsung oleh Kanda H. Kusmayadi Kepala Pusdiklatcab Sangkareang.

Selama kegiatan beragam program dilaksanakan. Diantaranya ialah roblematika dinamika pembinaan pramuka SGTD, strategi pengelolaan dan pembinaan Pramuka yg dinamis dan progresif, fundamental gerakan Pramuka, praktik membina SGTD, tata laksana perkemahan.

Ketua Panitia Kanda Moh. Ridwan. S.Pd dalam laporan menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan guna mencetak lebih banyak pembina Pramuka yang faham bagaimana pola dan mekanisme pembinaan peserta didik yang ada di gugus depan.

Tujuan Kegiatan ini agar semua pembina dlm melakukan tugas di gugus depan depan mengembangkan pemahaman wawasan serta keterampilan sehingga selalu ter update semua lini dlm Kegiatan kepramukaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *