Minimalisir Hoaks Pemilu, JMM Gelar Dialog Publik di Lotim

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mataram- Maraknya berita bohong atau hoaks yang terjadi saat pemilu cukup memanaskan suhu politik negeri kita.Data kepolisian menunjukkan ada ribuan berita hoaks yang beredar di media sosial setiap hari. Demikian disampaikan Direktur Jaringan Masyarakat Madani, Samsul Hasan Basri.

Disebutkannya, beberapa pihak juga telah memprediksi bahwa hoaks akan terjadi semakin banyak lagi. Survei Polmark Indonesia menunjukkan bahwa hoaks menjadi ancaman cukup serius. Sekitar 60,8 persen pemilih menyatakan pernah menemukan informasi bohong dan fitnah di media sosial.

Kondisi seperti ini tentu akan dimanfaatkan oleh beberapa aktor tertentu sebagai kesempatan berharga untuk memecah belah anak bangsa. Perbuatan keji ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Perlu ada upaya dan tindakan preventif untuk melawan segala macam hal hoaks yang dimungkinkan akan terjadi beberapa waktu kemudian.

Lebih lanjut, pesta demokrasi sejatinya hanyalah sebuah alat atau mekanisme untuk menentukan siapa yang terbaik dari antara putra-putri terbaik ibu pertiwi untuk memimpin dan menahkodai perjalanan bangsa Indonesia kedepan dan siapapun yang terpilih dialah yang memang dikehendaki oleh rakyat dan semua seharusnya wajib saling mendukung demi kemajuan dan persatuan Indonesia. 

Melalui dialog publik yang akan digelar JMM mengajak agar semua pihak merajut kembali persatuan dan kesatuan. Untuk itu marilah kita dewasa menyikapi hasil pemilu ini, jangan karena belum berkesempatan menang terus memprovokasi yang dapat menghancurkan dan memecah persatuan kita. 

Disamping itu tokoh politik harus dapat memberikan contoh terbaik kepada masyarakat dengan kedewasaan berdemokrasi secara konstitusional.  Mari kita Rajut Persatuan Kembali Pasca Pemilu dan Menolak Provokasi yang Memecah Belah Bangsa.Mari kita sukseskan pembangunan nasional untuk Indonesia yang semakin maju.

Adapun kegiatan Dialog Publik dengan Tema “Strategi Menang Melawan Hoax Dan Komitmen Menjaga Kondusifitas Daerah Pasca Pemilu 2019 akan dilaksanakan pada Jum’at 28 Juni 2019 di aula Kwarcab Pramuka Lombok Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *