Pengamat: Kadis Dikbud yang Baru Harus Gesit

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Dr. Bajang Asrin

Mataram- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc., melakukan perombakan Kadis Dikbud NTB. Gubernur melakukan penggantian Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Drs. H. Muh. Suruji yang dimutasi menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial dan Kemasyarakatan.

Suruji kemudian digantikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) NTB, H. Rusman, SH, MH. Terhadap Kadis Dikbud NTB yang baru, banyak elemen menaruh harapan besar mengingat Dikbud punya peran penting mewujudkan SDM handal NTB.

Pengamat Pendidikan FKIP Unram, Dr. Bajang Asrin, berharap agar Kadis Dikbud NTB H. Rusman mampu bekerja lebih gesit lagi mengejar target perencanaan bidang pendidikan. Termasuk mencapai target delapan standar pendidikan.

“Kalau lelet repot juga. Jangan sampai tidak bisa mengejar target capaian pak gubernur,” ujar Asrin.

Selain itu, dikatakan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Rusman. Seperti peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan kualitas SDM mulai guru, tenaga pendidik dan tenaga Kependidikan.

“Keseluruhan target pendidikan itu harus mampu dicapai Kadis Dikbud yang baru. Karena sesungguhnya mutasi bertujuan untuk itu,” ujar Asrin.

Dia pun menyambut baik adanya mutasi yang dilakukan Gubernur. Mutasi kata Asrin, adalah hal wajar yang senantiasa harus dilakukan untuk penyegaran kinerja. Di semua lembaga wajib adanya mutasi.

Penyegaran diperlukan manakala figur seorang pejabat terlalu lama menjabat. Maka mutasi yang dilakukan terhadap Kadis Dikbud Suruji sudah tepat karena sudah saatnya diganti.

Selain itu, mutasi akan memberi perspektif baru pada arah kinerja OPD bersangkutan. Hal demikian tentu dibutuhkan agar terjadi penyesuaian antara kebutuhan kerja di satu sisi dengan kebutuhan di lapangan.

“Mereka sebagai bawahan harus bisa membaca dan menerjemahkan program gubernur. Semua kadis juga seperti itu agar semua persoalan berkaitan dengan pendidikan bisa cepat tertangani,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *