Gubernur: Pemindahan Kampus Unram Beri Dampak Pertumbuhan Ekonomi Baru

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mataram- Rencana pemindahan kampus Universitas Mataram makin menjadi kenyataan. Hari ini Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Mohammad Nasir bersama

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, meyakinkan bahwa rencana pemindahan kampus Unram ke luar Kota Mataram akan memberi dampak pada upaya pemerataan dan pertumbuhan ekonomi baru di daerah tempat pemindahan kampus.

Menurut Dr. Zul, Unram mempunyai potensi besar untuk menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia. Tenaga pendidik di Unram sebut gubernur memiliki kualitas dan lulusan berasal dari kampus terbaik indonesia bahkan dunia.

Lebih jauh Dr. Zul mengatakan rencana mengembangkan Unram ke luar Mataram adalah ide yg sangat bagus karena nantinya akan memberi dampak ikutan seperti pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar kampus.

“Kita pindahkaan Unram ke tempat sepi, luas dan tertinggal, Kira membutuhkan lahan 200 atau 300 hektar,” ujar gubernur saat menghadiri kuliah umum peran mahasiswa dalam menghadapi revolusi industri 4,0 di auditorium Yusuf Abubakar Unram, Senin (15/4).

Menurutnya dengan hadirnya Unram di kampus baru maka perkembangan yang pesat bagi Unram. Di samping itu, daerah baru tempat kampus lanjut gubernur bakal menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di NTB. Karena setidaknya dengan kehadiran Unram daerah sepi dan tertinggal akan segera ramai dan menjelma menjadi kota baru.

Sementara kampus Unram yang ada saat ini lanjutnya, tetap akan berfungsi namun di fokuskan pada pendidikan pasca sarjana dan program doktoral.

“Tentu tetap menjadi Unram tapi mungkin fokus nya lebih pada S2 dan S3 dan berbagai pendidikan eksekutif dan lainnya,” ungkapnya.

Adanya kekawatiran perpindahan kampus Unram akan berdampak pada ekonomi sekitar, Dr. Zul meminta agar pemilik kos dan bisnis untuk tidak khawatir. Ia menyatakan roda perekonomian di lingkungan sekitar Unram tetap akan menggeliat karena Unram tetap beroperasi meski lebih di fokuskan pada pendidikan pasca sarjana.

“Nggak perlu khawatir karena kalau sekarang yang kos adalah mahasiswa S1 maka ke depan yang kos ya mahasiswa S2 dan mahasiswa S3,” ujar gubernur.

Rencana perpindahan kampus Unram sendiri telah mendapat persetujuan Mesnristekdikti.  Bahkan Menristekdikti meminta rektor Unram untuk membentuk tim proses perpindahan. 

Rencananya kampus Unram akan di pindah di antara salah satu lokasi di tiga daerah yakni Lobar, Lotim dan KLU. Adapun luas yang di butuhkan untuk membangun kampus yang baru sekitar 300 hektar.

Sementara dimintai komentarnya soal rencana pemindahan, Rektor Unram Prof. H. Lalu Husni, secara singkat menyebut ide itu perlu adanya kajian mendalam terutama yang berkaitan dengan lahan, jalan, dana untuk membangun sarpras dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *