Trauma Berat, Siswa Sekolah di Kecamatan Pringgabaya Membutuhkan “Trauma Healing”

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LOMBOK TIMUR, POJOKNTB.COM- Ratusan siswa sekolah dasar baik negeri dan swasta yang tersebar di dua desa Kecamatan Pringgabaya mengalami trauma berat. Keduanya adalah Desa Batuyang, dan Desa Pohgading.

Betapa tidak, kedua desa tersebut merupakan yang paling parah terkena gempa di Kecamatan Pringgabaya pada Minggu malam lalu. Gempa mengakibatkan ratusan rumah rusak parah. Sebagiannya hancur rata dengan tanah.

Pemerintah di dua desa tersebut belum bisa memastikan pasti jumlah rumah rusak akibat gempa. Karena hingga hari ketiga pasca gempa berdasarkan pantauan Suara NTB, pendataan kerusakan oleh aparat desa masih berlangsung.

Pendataan dilakukan melalui dua model, yakni masyarakat menyerahkan poto kopi KK dan KTP. Setelah itu, petugas melalukan verifikasi dengan turun lapangan memastikan tingkat keparahan tiap rumah.

Selain itu, sekolah-sekolah di dua desa ini juga diliburkan. Bahkan hampir di semua sekolah jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) dijadikan lokasi pengungsian di luar posko utama yang disiapkan pemerintah.

Kebutuhan mendasar di luar kebutuhan para pengungsi terutama pengungsi anak-anak usia sekolah adalah mendapatkan trauma healing. Mereka membutuhkan penyembuhan mental akibat gempa.

Moh Juliawan, warga setempat mengungkapkan jika secepatnya kondisi psikis anak-anak korban gempa harus dipulihkan. Mereka masih trauma. Psikis mereka harus dipulihkan. Gempa dahsyat berkekuatan 7.0 SR membuat mereka takut baik untuk bermain terlebih masuk rumah.

Dikatakan Juliawan, kondisi demikian tentu tidak baik bagi perkembangan anak-anak pengungsi. Apalagi di usia mereka adalah masa perkembangan dan pertumbuhan. Sehingga upaya pemulihan mental sangat penting dilakukan.

Sementara itu, Hastuti, salah satu relawan Mata Garuda NTB mengungkapkan Desa Batuyang jadi salah target yang masuk list untuk dibantu pemulihan. Hanya saja, sementara relawan masih fokus menggalang bantuan material untuk membantu memenuhi kebutuhan makanan para korban gempa.

Pihaknya memastikan akan berupaya melakukan trauma healing bagi para korban gempa. Terutama anak-anak sekolah yang jumlahnya mencapai ratusan di pengungsian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *