DESA ANTUSIAS MASYARAKATKAN AL-QUR’AN

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LOMBOK BARATA, POJOKNTB.COM- Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) di tingkat Desa Bug-Bug, Kecamatan Lingsar, untuk kedua kalinya diselenggarakan dan dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Lombok Barat (Lobar), H. Fauzan Khalid, Rabu (1/8/2018) malam. Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid didampingi Camat Lingsar, Rusditah dan Kepala Desa Bug-Bug, Suhaimi.

Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 4 Agustus 2018 ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta dari lima dusun di Desa Bug-Bug.

Ada beberapa mata lomba yang dilombakan di antaranya Tartil, Hapiz Qur’an, Tilawah dan seni Kaligrafi.

Rangkaian acara telah dimulai sejak sore hari ditandai dengan digelarnya pawai taaruf. Selain peserta, masyarakat tampak antusias mengikuti pawai taaruf dan meramaikan kegiatan MTQ kali ini.

Bupati Fauzan Khalid sendiri tampak begitu terkesan atas apa yang dilihat dan dirasakannya pada momen tersebut. Fauzan juga memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan oleh Desa Bug-Bug dalam penyelenggaraan MTQ kali ini.

“Alhamdulillah MTQ tahun ini luar biasa, jauh lebih maju dan berkembang. Yang luar biasa juga banyak kades di luar Desa Bug-Bug yang hadir. Bahkan Kades Badrain dari Kecamatan Narmada juga hadir. Terima kasih pak kades karena telah hadir dan antusias memasyarakatkan Al-Qur’anul Karim,” kata Fauzan dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu Fauzan juga menaruh perhatian lebih terhadap kesenian Hadrah yang ditampilkan di awal acara. Fauzan ingin agar Hadrah sebagai salah satu seni Islami dimasukan sebagai salah satu lomba menyambut HUT Lombok Barat setiap tahunnya.

“Saya berharap melalui MTQ ini dapat memotivasi anak-anak kita mencintai Al-Qur’an,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Bug-Bug, Suhaimi berharap dengan diselenggarakannya MTQ tingkat Desa Bug-Bug ini dapat terjalin persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat melalui kecintaan terhadap Al-Qur’an.

“Dengan adanya MTQ ini mental anak-kami Alhamdulillah bisa jauh lebih baik. Harapan kami melalui MTQ ini antara pemerintah desa dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten bisa sinkronisasi trutama mengenai MTQ ini. Karena dari MTQ Alhamdulillah kami bisa mencetak regenerasi trutama di tahfiz Al-Qur’an. Bahkan ada anak kami yang bisa hapal 10 jus,” kata Suhaimi.

Usai pembukaan, bupati meninjau beberapa produk Kelompok Wanita Tani (KWT) dan UMKM yang ada di Desa Bug-Bug dan desa lainnya di Kecamatan Lingsar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *