PPDB Sejumlah Sekolah di Mataram Tak Penuhi Kuota

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Masyarakat menyambangi SMAN 4 Mataram. Mereka mendaftarkan anak mereka bersaing dk PPDB

MATARAM, POJOKNTB.COM– Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) telah dimulai sejak beberapa hari lalu. Namun di beberapa sekolah yang disebut pinggiran masih mengalami kekurangan peminat atau pendaftar meski sudah di antisipasi dengan sistim Zonasi.

Di SMAN 8 Mataram misalnya, sekolah ini mengaku sepi peminat, meski pendaftaran sudah di buka sejak Kamis 28 Juni 2018 lalu. Bahkan pada jalur prestasi yang dibukanya, dari 10 persen atau 32 orang yang disediakan yang terisi sampai batas pendaftaran hanya 7 persen atau 20 orang.

Di jalur Prasejahtera yang di buka sejak 2 Juli dan berakhir 3 Juli 2018 juga demikian, pada jalur ini pihak SMAN 8 Mataram menyediakan 25 persen atau 80 orang. Namun Peminatnya di Sekolah tersebut tidak begitu banyak, pasalnya sampai hari terkahir pendaftar baru mencapai 51 orang saja, atau setengah dari kuota yang disediakan.

“Kita kurang tau pasti, apa penyebabnya sehingga sepi peminatnya. Soalnya lewat jalur Prasejahtera juga sepi, begitu juga jalur prestasi,” kata Sekertaris Panitia PPDB SMAN 8 Mataram Muhammad Fajariah

Jika di kalkulasikan dari jumlah kuota yang disediakan pihaknya, SMAN 8 Mataram masih mencari calon siswa yang cukup banyak. Bagaimana tidak, kuota yang di sediakan di SMAN 8 Mataram berjumlah 320 siswa tau 10 Rombongan Belajar (Rombel). Atas kondisi tersebut, pihaknya mengaku hanya bisa menunggu jalur selanjutnya dan hasil limpahan siswa nantinya.

Menurutnya, pada jalur selanjutnya yakni jalur Umum yang menyediakan kuota sebanyak 65 persen itu akan banyak siswa atau pendaftar. Karena sementara ini, masyarakat kemungkinan lebih banyak ke sekolah sekolah yang dianggapnya favorit.

“Kita tunggu saja pada Jalur Umum yang akan kita buka Senin 9 Juli 2018 mendatang, mungkin bisa rame,” lanjutnya pasrah.

Senada, di SMKN 5 Mataram juga demikian. Hal ini diungkapkan Ketua Panitia PPDB SMKN 5 Mataram Baiq Wirdianti, menurutnya peminat tahun ini cukup parah. Lantaran dua jalur yang dibuka masih relatif sepi. Salah satunya adalah Jalur prestasi, pada jalur ini kuotanya terdapat 10 persen atau 38 siswa. Namun peminatnya hanya terdapat dua orang siswa saja, yang terdiri dari prestasi Non Alademik semua.

“Peminat jalur prestasi kita yang parah, kalau jalur Prasejahteri sih sudah mencukupi,” bebernya.

Adapun harapannya pada jalur Umum, menurutnya pada jalur ini juga cukup meragukan. Pasalnya, jalur Umum juga peminatnya cukup sepi. Meski kuota yang tersedia sebanyak 65 Persen.

“Semoga kuota yang kita sediakan sebanyak 360 siswa ini bisa terpenuhi,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *