Penjaringan PTK Berprestasi, Tim Penilai Ingatkan Perkuat Portofolio

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
M. Yusuf

MATARAM, POJOKNTB.COM– Penjaringan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tingkat provinsi NTB tahun 2018 dimulai. Mereka adalah guru dan kepala sekolah berprestasi di sepuluh kabupaten dan kota di NTB.

Agar menghasilkan penjaringan yang baik, para guru dan kepala sekolah berprestasi diingatkan agar mempersiapkan portofolio dengan matang.

Kepada Suara NTB, Tim Penilai Portofolio, Muhammad Yusuf, S.Pd., mengingatkan para peserta agar mempersiapkan seluruh persiapan dengan matang. Lebih lebih portofolio yang memiliki banyak nilai.

Dikatakan Yusuf, ada banyak faktor yang jadi materi penilaian. Selain karya tulis ilmiah, juga adalah rekam jejak para peserta sebagai kepala sekolah selama dua tahun memimpin sekolah.

“Kekurangan pengiriman dokumen portofolio peserta sering terlambat, kemampuan teknis portofolio sudah bagus. Setiap kepsek harus siapkan base practice sebagai gambaran dia pimpin sekolah,” ujarnya.

Paling tidak, dengan hal tersebut mampu menggambarkan secara personal kepemimpinan kepala sekolah. Misalnya saja seorang kepala sekolah akan dianggap berhasil jika siswanya berprestasi. Termasuk juga guru dan berbagai keberhasilan lainnya.

“Prestasi sekolah, prestasi guru, prestasi siswa sebagai bagian dari prestasi membina sekolah baik sebagai manajerial, sebagai supervisor, sebagai enterpreneur,” kata Yusuf menjelaskan.

Prestasi-prestasi tersebut menjadi cerminan bagaimana kepala sekolah mengelola sekolahnya. Apakah nanti itu jadi sekoah bagus atau sebaliknya.

Selain itu aspek penilaian lainnya ialah sejauhmana kepala sekolah sering ikuti pelatihan dan workshop di luar. Tentu hal itu jadi bahan pertimbangan.

“Ini diikuti kepala sekolah seluruh NTB kepla SMA 10, SMK 10 , SLB 10. Juga TK, SD, SMP,” urainya.

Mereka yang menang nantinya akan bertarung wakili NTB di tingkat nasional. Pihaknya pun berharap dapat lahir peserta hebat yang akan membawa nama baik NTB di tingkat nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *