KLU Teken MoU dengan Pascasarjana UIN Mataram

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Bupati KLU dan Direktur Pascasarjana UIN Mataram 

MATARAM, POJOKNTB– Guna mempercepat peningkatan kapasitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM), tanggal 2 Mei kemarin bertepatan dengan hari pendidikan nasional, Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Direktur Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang berlangsung di ruang kerja Bupati KLU.

Informasi yang diterima Suara NTB, pada kesempatan tersebut Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH, menyatakan bahwa Kabupaten Lombok Utara ini sangat peduli dalam peningkatan sumber daya manusia mulai dari jenjang dasar, menengah hingga pendidikan tinggi.

Salah satu program di bidang pendidikan adalah Gerakan Sapu Bersih Drop Out (putus sekolah). Program ini bertujuan menekan angka putus sekolah di wilayah KLU. Program ini berhasil mengantarkan KLU memperoleh Anugerah Pangripta Nasional (APN) dari Presiden Joko Widodo.

”Ya betul, Alhamdulillah, beberapa program unggulan kami, ternyata diapresiasi secara nasional”, papar Najmul merendah.

Sementara itu Direktur Pascasarjana UIN Mataram, Prof. Dr. Suprapto, MA., menyebut, MOU antara Bupati KLU dan Direktur Pascasarjana UIN Mataram memuat beberapa hal penting.

Diantaranya, kedua belah pihak bersepakat mengadakan kerjasama dalam program bina damai dan pengembangan kehidupan multikultural untuk mewujudkan masyarakat damai, rukun dan sejahtera terutama di wilayah KLU.

Selain itu, keduanya juga bersepakat untuk pemberian program beasiswa jenjang Strata S2 dan Strata S3 bagi putra-putri KLU untuk melanjutkan studi di Pascasarjana UIN Mataram.

“Ya intinya kami dari pascasarjana siap membantu pemerintah dan masyarakat Lombok Utara untuk lebih maju dan berkembang melalui program penguatan pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat”, kata Suprapto didampingi Kaprodi S2 PBA, Dr. Dedi Wahyudi dan Kaprodi S2 PAI, Dr. Fathurrahman Muhktar.

KLU sebagai daerah paling muda di NTB memiliki banyak program nasional. Untuk mensukseskan program-program pembangunan nasional tersebut, berbagai data tentang kesiapan masyarakat baik dari sisi budaya, sosial keagamaan dan politik perlu dipetakan secara baik.

Oleh karena itu Pascasarjana UIN Mataram siap menerjunkan para dosen dan penelitinya untuk membantu melakukan pemetaan sosial secara lebih komprehensif sekaligus melakukan pendampingan. Dalam kesempatan itu, Bupati KLU juga menyampaikan komitmennya untuk mendorong para sarjana untuk studi lanjut di Pascasarjana UIN Mataram.

Data di akademik, untuk saat ini, mahasiswa dari KLU yang kuliah di pascasarjana UIN Mataram tercatat menyebar di berbagai prodi studi. Ada yang di Prodi PAI, MPI, Ekonomi Syariah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Hukum Keluarga serta ada yang sedang kuliah di program Doktor Pascasarjana UIN Mataram. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *