KENAPA HARUS KTM ???

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Oleh: Hamroni*

TGH. Muammar Arafat, SH.MH. sosok pemuda yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir para ibu-ibu seantero kabupaten Lombok Barat, bukan karena sosoknya yang bersih dan ganteng tapi karena kecerdasanya dalam menyampaikan pengajian serta memberikan pemahaman kepada jam’ah yang hadir.

Sosok yang ramah dan selalu senyum bukan hanya memikat para ibu-ibu tapi kalangan pemudi  yang usia remaja, sedikit terpikat dengan wajahnya yang ganteng dan selalu cool. “ganteng banget” ucap para pemudi yang sering ketemu.

TGH Muammar Arafat, SH.MH yang biasa di sapa dengan sebutan KTM, hari ini akan mengabdikan dirinya sebagai calon wakil bupati lombok barat, tidak hanya bermodal wajah tapi visi serta misi untuk membangun sebuah perubahan yang lebih baik mengangkat martabat masyarakat lombok barat untuk BANGKIT.

Kepiawaian KTM  mengolah alur dan nalar politik sejak terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi NTB, dapat kita baca dari banyaknya dukungan masyarakat Lombok Barat yang menyerahkan KTP nya (untuk menjadi calon yang di usung oleh paket Independen “saat itu”). KTM yang telah menyelesaikan pendidikan S2 Fakultas Hukum UNRAM dengan predikat coumlaude “Siapapun bupatinya, KTM Wakil wakilnya.” Ungkapan dan dukungan terhadap KTM kian hari makin santer di seluruh pelosok Lombok Barat ini. Animo dan dukungan masyakarat yang begitu besar terhadap KTM bukannya tanpa dasar. Kiprah dan track records tokoh muda ini dalam perpolitikan Daerah memang tak perlu diragukan lagi. Ia telah melanglang buana dari masa ke masa. Kedewasaan berpolitiknya dapat diukur dari identitas karirnya sejak selesai kuliah sampai saat ini.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 di fakultas yang sama dan masih terbilang muda, KTM sudah berani mencalonkan dirinya menjadi calon anggota DPD RI daerah pemilihan provinsi NTB, langkah yang di bilang sangat berani dan penuh perhitungan yang matang. KTM yang di besarkan di kalangan pondok pesantren yang mengambil paham aswaja bersama tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama bangkit dan bergerak maju dalam rangka mengangkat martabat para pemuda NTB.

Catatan ketokohannya ditempa dari bawah. Ia tidak serta merta menjadi besar seperti halnya banyak tokoh muda saat ini yang kerap mendompleng popularitas sanak keluarganya. Sejak di bangku kuliah, KTM aktif di tempat-tempat diskusi sering memberikan pencerahan dan mengisi pengajian di tengah masyarakat, sehingga pada tahun 2014 KTM dapat terpilih sebagai salah satu anggota DPRD Provinsi NTB Dapil II ( kabupate Lombok Barat dan KLU ). Itu semua di raihnya karena investasi sosial yang KTM tanam di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu KTM juga tercatat sebagai tokoh muda yang Progresif dan Visioner KTM itu pemuda progresif zaman now dan visioner. Ia mampu menangkap dan memberdayakan kapabilitas yang ada, responsif terhadap setiap perubahan yang terjadi dan taktis dalam mengolah tantangan dan kelemahan.

Tidak heran jika saat ini KTM menjadi kandidat utama tokoh muda Daerah ini untuk memimpin Lombok Barat. Dengan kendaraan politik yang telah matang, basis massa akar rumput yang solid, massa NU dan santri pondok pesantren menjadi lumbung suara pada pentas Pemilu Kepala Daerah 2018 saat ini, ditambah lagi dengan beragam massa di luar itu. Kecerdasan, ketangguhan, kematangan dan kesantunannya berpolitik guna membangun daerah yang sejahtera telah menempatkannya sebagai tokoh muda “zaman now’ dari generasinya.

Saat ini KTM kian matang dan tangguh memposisikan dirinya sebagai pemimpin masa depan. Tidak heran jika beragam gelar telah disematkan kepada KTM sebagai bentuk prestasi bahwa dia tidak hanya tangguh dalam berpolitik tetapi juga piawai, santun dan ramah pada semua kalangan serta mapan dalam berkarya. Banyaknya prestasi yang telah diperjuangkan oleh pemuda kelahiran Lombok ini semakin mempertegas identitas dirinya sebagai seorang pemimpin yang siap berdampingan dengan siapapun dan tentunya dengan tujuan membangun Lombok Barat  masa depan. Visi dan misinya tampak jelas.

Dalam diri KTM telah tercermin satu identitas yang mewakili seorang santri berjiwa patriot. telah mengindikasikan bahwa seorang religius dapat menatap maju pada perubahan yang dinamis. Di saat banyak kalangan merongrong keutuhan bangsa Indonesia, para Ulama dan Pesantren terbukti konsisten menjadi benteng pertahanan utama Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam beberapa agenda besar belakangan ini, KTM juga fokus pada ruang-ruang spiritual dan mengajak masyarakat muslim Lombok  untuk bersama-sama mempertebal iman serta mendoakan kemajuan Lombok Barat. Wassalam

 

**Tokoh muda Lombok Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *