MGMP Bahasa Indonesia Gelar Workshop Tingkatkan Kompetensi Guru

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MATARAM, POJOKNTB- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA/SMK Kota Mataram menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia di Kota Mataram.

Kegiatan yang berlangsung di SMAN 2 Mataram, Sabtu (27/1) diikuti 41 guru mata pelajaran bahasa Indonesia di Kota Mataram, baik SMA maupun SMK pada sekolah negeri maupun swasta.

Sekretaris Panitia, Murnia Kurnia, S.Pd., MM., mengungkapkan secara umum, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru mata pelajaran bahasa Indonesia Kota Mataram. Secara khusus, tujuan kegiatan ini adalah memfasilitasi guru untuk lebih memahami dan menerapkan teori dan praktik debat bahasa Indonesia.

Di samping juga memfasilitasi guru untuk meningkatkan kemampuan menyusun RPP Kurikulum 2013, memfasilitasi guru dalam penyusunan SKP dan PKG, memfasilitasi guru dalam penyusunan publikasi ilmiah khususnya PTK, dan memberi kesempatan kepada guru untuk melakukan kegiatan pengembangan diri.

Melalui pelaksanaan workshop ini, Murnia Kurnia berharap agar kegitaan ini mampu memberikan manfaat bagi guru dalam mendapatkan pengetahuan dan pengalaman profesional, serta peningkatan pangkat dan jabatan. Sentara bagi siswa, mampu memperoleh pendidikan yang lebih berkualitas dari guru-guru berkualitas.

“Adapun bagi sekolah, memiliki guru-guru yang handal yang dapat menunjang pencapaian visi dan misi sekolah,” ujar Murnia Kurnia.

Lebih jauh disebutkan perempuan yang disapa Nana, jika guru atau pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik. Guru yang berkualitas, baik dari sisi pedagogik maupun profesionalitas, akan menghasilkan peserta didik yang juga berkualitas. Oleh karena itulah guru menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah khususnya dan pendidikan nasional umumnya.

Sementara itu, Ilhamuddin Aminudin, M.Pd., salah satu Narasumber Nasional Program Guru Pembelajar Tahun 2016 dan 2017, dan Tim Penilai Angka Kredit Kota Mataram 2011-2016 mengemukakan secara umum, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kota Mataram telah menunjukkan pemahaman dan keterampilan dalam menyampaikan materi pelajaran yang diampunya.

Akan tetapi, terdapat materi-materi pengembangan dalam Kurikulum 2013 yang perlu didalami. Sebagai contoh, materi ‘teks dan praktik debat’ merupakan materi yang belum dikembangkan pada kurikulum-kurikulum sebelumnya. Apalagi, debat bahasa Indonesia merupakan kegiatan yang dilombakan setiap tahun dari tingkat kabupaten/kota sampai tingkat nasional.

Dari sisi pangkat dan jabatan, baru beberapa guru bahasa Indoensia di Kota Mataram yang mencapai pangkat IV/b. Sebagaian besar guru mengakui bahwa mereka kesulitan atau tidak sempat membuat publikasi ilmiah atau belum banyak berkesempatan melakukan kegiatan pengembangan diri.

Padahal publikasi ilmiah dan pengembangan diri menjadi persyaratan penting untuk kenaikan pangkat dan peningkatan karier.

Kondisi-kondisi di atas mendorong pengurus MGMP Kota Mataram untuk melibatkan diri secara lebih aktif untuk bersama-sama melakukan  upaya peningkatan kompetensi profesional guru.

Di antara upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *