Ratusan Guru TPQ Disertifikasi Baca Alquran

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MATARAM, POJOKNTB- Sebanyak 104 guru baca ngaji dari berbagai Taman Pendidikan Quran (TPQ) mengikuti sertifikasi baca Quran yang digelar Quran Training Centre NTB, Ummi Daerah NTB, Ummi Foundation Surabaya.  Kegiatan ini berlangsung mulai 26-28 Januari di kompleks Islamic Center.

Panitia Sertifikasi Baca Quran, Ika Shinta Sari, program ini di isi langsung oleh trainer Ummi Foundation Surabaya yaitu ustadz M. Yusuf dan ustadz Raghibi. Sertifikasi Guru Alqur’an metode Ummi telah dilakukan untuk ketiga kalinya. Untuk angkatan yang pertama dan kedua telah dilakukan pada 2017 lalu.

Telah meluluskan 50 an guru Quran setiap angkatannya. Khusus sertifikasi yg ketiga ini. Diikuti oleh 104 orang peserta. Karena banyaknya peminat dari guru-guru Quran yg Ingin meningkatkan skill dan pemahamannya dalam mengajarkan Quran.

Guru-guru yang mengikuti sertifikasi berasal dari berbagai TPQ dan lembaga-lembaga pendidikan Islam se NTB. Tentu saja setelah melalui berbagai tahapan seleksi. Maklum,  program ini tidak berbayar. Didanai sepenuhnya oleh Ummi Foundation, kerjasama dengan Ummi Daerah & lldan Pusat di Surabaya.

Dikatakan bahwa sertifikasi baca Quran adalam bagian dalam sistem pembelajaran Alqur’an  metode Ummi. Dalam sistem baca Quran metode Ummi dikenal dengan 10 pilar sistem mutu metode ummi. Salah satunya ialah melalui sertifikasi baca Quran.

Di samping itu juga ada good will manajamen, tahapan yang baik dan benar, target jelas dan terukur, mastery learning yang konsisten, waktu yang memadai, Quality Control yang Intensif, rasio guru dan siswa yang proporsional, progress report setiap siswa, dan adanya koordinator yang handal.

Sertifikasi guru merupakan pembekalan metodologi dan manajemen pembelajaran Al Qur’an metode Ummi bagi para guru TPQ. Di samping itu juga sebagai standar dasar yang harus dimiliki oleh guru Alquran metode Ummi. Adapun syarat-syarat  peserta sertifikasi guru diikuti oleh para guru pengajar Alqur’an di TPQ yang telah lulus tashih metode Ummi, dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut.

Oleh karena itu, salah satu bentuk komitmen menggunakan metode Ummi dalam pembelajaran Alqur’an dan untuk mewujudkan standarisasi metodologi pembelajaran Alqur’an metode Ummi dilakukan sertifikasi bagi guru-guru TPQ.

Besar harapan pasca mengikuti kegiatan sertifikasi guru Alqur’an metode Ummi, agar bisa terus memperbaiki metododologi pembelajaran, dan penerapan sistem mutu Ummi yang lebih efektif dan lebih baik lagi. Menjadi motivasi untuk terus belajar Serta menjadi penambah kazanah ilmu dan membuka cakrawala wawasan ke-Quran-an khususnya ilmu Tahsin Alquran. (dor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *