PGRI Minta Dikbud Jangan Permainkan Guru

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

MATARAM-PojokNTB- Kadis Dikbud NTB H. Muhammad Suruji mengaku seleksi terhadap ribuan guru tidak jadi dilaksanakan serentak.

Hal itu lantaran berdasarkan hasil konsultasi dengan BKD, NTB tahun ini akan mendapat formasi CPNS terutama bagi tenaga guru.

“Ada informasi akan ada formasi maka mutasi besar besaran itu akan menimbulkan kekacauan,” kata Suruji.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PGRI NTB H. Ali Rahim meminta Dikbud NTB berhenti mempermainkan para guru dengan kembali merubah skema seleksi guru. Dia menyebut, apa yang dilakukan Dikbud NTB adalah bentuk mempermainkan para guru.

Dia pun meminta agar Dikbud NTB jangan mengambil kebijakan hanya berdasarkan asumsi semata, termasuk tidak menggunakan firasat. Apa yang disampaikan BKD hanyalah informasi semata.

“Toh juga kalau ada pembukaan tinggal dikurangi. Jangan permainkan tenaga guru,” kata Ali geram.

Terlebih kata dia, selama ini Dikbud selalu saja mengundur-undur waktu seleksi. Dia menilai, sikap Dikbud NTB menunjukkan jika kebijakan yang diambil menggunakan pendekatan kekuasaan.

“Jangan pakai kekuasaan, tapi kebutuhan dipakai. Jangan pakai kekuasaan gitu loh. Mau diapakan teman-teman (guru) yang sudah banyak ini,” kritiknya.

Apalagi Mereka sudah menyiapkan anggaran 300 juta untuk melakukan seleksi terhadap para guru. Jika kembali skema seleksi ini tidak jelas, tentu masyarakat dan para guru akan sangat marah. Terlebih para guru sejak awal telah mempersiapkan diri mereka menghadapi seleksi ini.

“Tunggu hari baiknya lah, tunggu finalnya lah. Mundur dari Oktober, mundur November, mundur Desember. Kita marahlah kalau begini caranya. Jangan pakai kekuasaan,” imbuhnya.

Dia pun berpendapat agar bila perlu tidak ada seleksi, melainkan langsung diverifikasi saja bagi guru-guru yang dianggap memenuhi kriteria. Adapun anggaran 300 juta yang disediakan sebaiknya diperuntukkan membeli komputer sekolah-sekolah yang masih kekurangan komputer menghadapi UNBK nanti. (dys)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *