Murid SDN 13 Manfaatkan Daun Pisang Jadi Anyaman

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Berbagai cara dilakukan pihak sekolah untuk menumbuhkan kreativitas para peserta didik. Terlebih sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dimana menuntut siswa kreatif, inovatif, dan mandiri.

Menyadari hal itu, pihak SDN 13 Mataram terus berupaya menumbuhkan kreativitas pada para muridnya. Salah satunya melalui pemanfaatan daun pisang menjadi anyaman yang bermanfaat, Jum’at (5/1/2018).

Wali Kelas II SDN 13 Mataram Nihayah, S.Pd., menyebut hari ini siswa-siswi kelas SDN 13 Mataram belajar mengasah keterampilan dengan belajar membuat anyaman dari daun pisang. Pelajaran ini kata Nihayah, merupakan bentuk implementasi dari teori mata pelajaran Seni Budaya Keterampilan (SBK). Sebelum itu, diajari praktik langsung membuat anyaman, para murid sebelumnya telah memperoleh teori.

“Jika hari-hari sebelumnya anak-anak diajarkan teori tentang pembelajaran SBK, maka hari ini secara langsung mereka memperaktekan hasil dari teori pembelajaran yang telah disampaikan oleh gurunya,” terang Nihayah menjelaskan.

Lebih jauh Nihayah menyampaikan bahwa kegiatan praktik pembuatan anyaman dari daun pisang ini merupakan kegiatan lanjutan dari materi pelajaran sebelumnya yang bertujuan untuk mengasah kemampuan anak-anak dalam mengolah sesuatu menjadi benda yang berkualitas dan bernilai. Kegiatan ini juga tujuannya untuk pengambilan nilai harian anak-anak yang nantinya akan membantu nilai di rapotnya masing-masing.

Pihak sekolah berharap agar dengan berbagai upaya yang telah dilakukannya ini, kedepan para murid dapat tumbuh menjadi generasi yang kreatif, dan inovatif. Paling tidak, mereka dapat hidup dengan kemampuan yang mereka miliki dan pelajari saat ini.

Selain itu, pihaknya pun berkomitmen terhadap segala upaya mengembangkan potensi para murid agar teraktualisasikan dalam kehidupan nyata. Sehingga dengan demikian, anak-anak dapat tumbuh berdasarkan potensi yang mereka miliki. (dys)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *