JMM Gelar Dialog Antar Etnis

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Beberapa bulan terakhir, masyarakat Indonesia dipertontonkan dengan berbagai isu pribumi dan non pribumi di Indonesia baik melalui sosial media dan elektronik.

Ketua Jaringan Masyarakat Madani (JMM) di dukung oleh Bumi Gora Istitut NTB Samsul Hasan Basri menilai perlu dilakukan dialog intensif guna meredam adanya isu-isu yang censerung negatif tersebut.

“Kami mencoba untuk menetralisir isu-isu tersebut di NTB dengan cara melakukan dialog antar etnis dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme guna menjaga keutuhan dan persatuan bangsa,” ujar Samsul saat kegiatan dialog publik antar etnis, Selasa pagi.

Dialog ini lanjutnya, sangat penting dilaksanakan dalam rangka menjaga keutuhan bangsa secara terus menerus.

Kami juga sudah mengundang rekan-rekan dari tokoh Tionghoa, pemuda, mahasiswa, siswa dan organisasi pemuda yaitu bertujuan bersama-sama menjaga keutuhan dan meningkatkan rasa nasionalisme oleh semua elemen bangsa dalam bingkai persatuan dan kesatuan khususnya di Kota Mataram.

Hadir sebagai pembicara pada kesempatan tersebut mewakili Kepala Bakesbangpoldagri NTB  H. L. Norman Suzana, mengemukakan kegiatan semacam ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kondusifitas daerah.

Suzana berharap agar kegiatan ini memberikan pencerahan kepada semua pihak, khususnya masyarakat di kota Mataram dalam rangka menjaga ukhwah islamiah dan antar agama dalam rangka menjaga kesatuan dan persatuan, karena Mataram adalah pusat kota di NTB yang memiliki banyak perbedaan, etnis suku dan bangsa.

“Kita hidup di Mataram ini dengan berbagai  macam etnis yang  terus saling menjaga satu sama lainnya,” urainya.

Menurutnya, sebagai generasi muda, hendaknya setiap orang bertindak sebagai pemicu untuk menjaga stabilitas keamanan dan kesatuan di wilayah ini dan menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaganya.

“Dan Alhamdulillah di Bakesbangpoldagri NTB ini, sudah bayak kegiatan-kegiatan yang sama kita laksanakan di berbagai kabupaten di NTB, Mataram, Lombok Tengah, dan daerah lainnya,”.

Hal ini dilaksanakan tidak lain dan tidak bukan bertujuan untuk menjaga keutuhan dan persatuan serta menjaga silaturahim antar kita semua. Pihaknya mengapresiasi  adanya kegiatan penting yang digelar Jaringan Masyarakat Madani  yang telah menginisisasi  penyelenggaraan dialog antar etnis ini. (bad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *