Film G30S/PKI Penting Bagi Generasi Muda

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Istiqomah saat menjadi pembina upacara

Acara nonton bareng (nobar) film G30S/PKI telah digelar di berbagai tempat. Tujuan utama nonton film ini ialah untuk mengenalkan sejarah kelam bangsa pada tahun 1965 kepada generasi muda. Meski menuai pro dan kontra, rencana pemutaran film legendaris di lembaga-lembaga pendidikan juga muncul.

Wakil Rektor III Unram H. Muhammad Ntasir mengaku mendukung penuh pemutaran film G30S/PKI. Pihaknya belum memutuskan untuk menggelar nonton bareng film G30S/PKI di kampus.

“Saya komunikasi dulu sama Rektor, kalau oke kita nonton disini, bahkan nanti di lapangan auditorium ini,” ujarnya.

Lebih jauh menurut Natsir, pemutaran film tersebut karena pihaknya menginginkan masyarakat, apalagi generasi muda agar mengetahui sejarah perjuangan, terutama sejarah mengenai pemberontakan gerakan 30 September oleh antek-antek Partai Komunis Indonesia (PKI) yang mau mencoba merongrong ideologi Pancasila.

Maka dengan pemutaran film ini, generasi muda tahu dan ke depan jangan lagi muncul PKI di NKRI yang memberontak kepada NKRI. Selain itu dengan menonton film sejarah ini, masyarakat juga semakin tahu bagaimana perjuangan para pahlawan yang telah gugur dan mendahului generasi sekarang.

Dikatakannya, pemutaran film tersebut juga untuk memberikan wawasan kebangsaan dan sejarah kepada masyarakat dan terutama generasi muda saat ini tentang tragedi yang pernah mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. Bahwa dalam sejarah bangsa Indonesia pernah memiliki peristiwa kelam dan peristiwa itu sebagai pembelajaran bagi generasi kini agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Sementara itu, saat apel bendera yang digelar di halaman SMA Negeri 5 Mataram, Senin (25/9), Wakil Kepala Sekolah SMAN 5 Mataram Istiqomah, S.Pd., yang bertugas sebagai pembina upacara dalam sambutannya yang mengangkat tema mengenang kembali peristiwa G 30 S/PKI, mengingatkan kepada para siswa agar memahami sejarah pemberontakan PKI.

Sejarah pemberontakan PKI menurutnya ialah sejarah kelam yang pernah dialami bangsa Indonesia. Para generasi muda perlu mengetahui peristiwa itu agar jangan sampai peristiwa kelam itu terulang kembali.

Sementara untuk rencana nonton bareng film G30S/PKI, Istiqomah menyebut belum berencana untuk menggelar nonton bareng. Namun pihaknya terlebih dahulu akan mendiskusikannya dengan kepala sekolah. (d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *